Fungsi Tumpukan Tilakoid

By On Sunday, May 5th, 2013 Categories : Biologi, IPA, Kelas 7, SMP
Tilakoid

Tilakoid

Fungsi Tumpukan Tilakoid

Kloroplas adalah salah satu organel sel yang tergolong ke dalam plastida, selain kromoplas (plastida berwarna) dan leukoplas (plastida tidak berwarna). Di dalam sel tumbuhan, kloroplas berfungsi ibarat pabrik energi. Kloroplas menyerap energi cahaya (matahari) dan mengubahnya menjadi ATP (Adenosin Tri Phospat) melalui proses reaksi yang dikenal dengan istilah fotosintesis. Melalui fotosintesis inilah tumbuhan dapat menghidupi dirinya sendiri tanpa tergantung makanan dari luar (autotrof= mampu menyintesis makanan sendiri).

Kloroplas hanya terdapat pada organ-organ atau jaringan fotosintetik, seperti daun atau batang yang berwarna hijau. Selain sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis, kloroplas juga menyintesis klorofil dan beberapa protein dan lipid tertentu. Berdasarkan jenis tumbuhan, kloroplas mempunyai bentuk yang bermacam-macam seperti bentuk mangkuk, cakram, spiral, stelata, atau bentuk tak beraturan. Umumnya berukuran antara 2 – 20 mikron.

Struktur kloroplas secara esensial terdiri dari suatu membran yang mengikat matriks (stroma), dan mengandung sejumlah kantong-kantong pipih (tilakoid), yang mungkin terdapat dalam suatu tumpukan kantong. Tumpukan kantong-kantong tilakoid di dalam kloroplas ini disebut sebagai grana. Grana saling berhubungan melalui jembatan membran (intergrana).Stroma (cairan di dalam kloroplas) terdiri dari enzim-enzim fotosintetik dan air, serta mengandung ADN (Asam Deksiribo Nukleat). Pada stroma terjadi rekasi gelap, yang sekarang lebih umum disebut sebagai siklus Calvin. Tilakoid mengandung alat-alat untuk fotosintesis seperti klorofil dan komponen transpor elektron, enzim-enzim protein ATP-ase, dan ribosom yang diikat oleh suatu membran. Masing-masing tilakoid mempunyai rangkaian fotosistem dan enzim-enzim terkait. Pada tilakoidlah terdapat pigmen klorofil dan pigmen-pigmen lainnya. Reaksi terang (fotolisis = rekasi pemecahan molekul air oleh cahaya) terjadai pada tilakoid. Dari hasil rekasi terang didapatkan energi untuk melangsungkan rekasi gelap (siklus Calvin).

ADN dari kloroplas (ctDNA) berbentuk lingkaran tertutup tanpa histon. Hampir seluruh polipeptida (protein) kloroplas dikode oleh gen-gen dari inti sel (nukleus) dan disintesis pada ribosom sitoplasmik. Polipeptida tersebut kemudia dipindahkan ke dalam kloroplas melalui mekanisme post-tranlasional. Gen-gen kloroplas yang mengkode hingga 100 macam polipeptida sangat penting untuk perkembangan kloroplas.

Fungsi Tumpukan Tilakoid | admin | 4.5