Masa Perundagian

By On Tuesday, February 12th, 2013 Categories : IPS, Kelas 8, SMP
Zaman Perundagian

Zaman Perundagian

 Masa Perundagian

Dalam masa bercocok tanam, manusia bertempat tinggal tetap. Merka berupaya meningkatkan kegiatannya guna mencapai hasil yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatannya semakin beraneka ragam. Ada yang mengerjakan pertanian, peternakan, membuat keranjang, membuat gerabah, bepergian ke tempat-tempat lain untuk menukar barang-barang yang tidak dihasilkan di desa tempat tinggalnya. Kegiatan mereka merupakan permulaan dari kegiatan perdagangan.

Beranekaragamnya macam pekerjaan memerlukan adanya pembagian kerja dalam masyarakat. Maka, timbullah golongan yang terampil melakukan suatu jenis pekerjaan. Dalam masyarakat timbul bermacam-macam pertukangan. Tukang-tukang itu disebut golongan undagi (ahli). Zaman kehidupan masyarakat prasejarah dengan berkembangnya kegiatan golongan undagi disebut zaman perundagian.

Pada masa perundagian, manusia telah dapat membuat alat-alat dari perunggu dan besi. Kemajuan membuat alat-alat logam, terutama alat-alat pertanian seperti pisau dan bajak, membuat pertanian cara berladang berganti dengan bersawah. Cara bersawah memungkinkan mendapat hasil yang lebih banyak sehingga melebihi kebutuhan. Kelebihan itu dapat dijual sehingga meningkatkan kemakmuran dan kehidupan perdagangan semakin ramai.

Pada masa perundagian, semuanya mengalami kemajuan dan penyempurnaan. Pada massa ini mulai ditemukan bijih-bijih logam sehingga berbagai peralatan mulai dibuat dari logam.

1) Penduduk
Manusia yang bertempat tinggal di Indonesia pada masa ini dapat diketahui dari berbagai penemuan sisa-sisa rangka dan berbagai tempat, antara lain di Anyer Utara Jawa Barat, Puger Jawa Timur, gilimanuk Bali, dan Melolo Sumba Timur. Pada masa perundagian ini perkampungan sudah lebih besar, karena adanya hamparan pertanian, dan mereka kemudian mulai mengadakan aktivitas perdagangan.

2) Teknologi
Pada masa perundagian ini, teknologi berkembang sangat pesat, sebagai akibat adanya penggolongan-penggolongan dalam masyarakat. Dengan beban pekerjaan tertentu, banyak jenis pekerjaan yang mempunyai disiplin tersendiri sehingga semakin beraneka ragam perkembangan teknologi yang terjadi pada masa itu. Termasuk perkembangan perdagangan dan pelayaran.

3) Kehidupan sosial budaya
Seni ukir dan seni Hias yang diterapkan pada benda-benda megalitik mengalami kemajuan yang pesat. Sedangkan yang sangat menonjol pada masa perundagian ini adalah kepercayaan kepada arwah nenek moyang, karena dipercaya sangat besar pengaruhnya terhadap perjalanan hidup manusia dan masyarakatnya. Oleh karena itu, arwah nenek moyang harus diperhatikan dan dipuaskan melalui upacara-upacara. Kehidupan dalam masyarakat masa perundagian adalah hidup yang penuh rasa setia kawan. Perasaan solidaritas ini tertanam dalam hati setiap orang sebagai warisan dan nenek moyang.

mengapa masa perundingan sangat penting artinya, apa perbedaan undagi dan perundagin, beda undagi dan perundagian, maksud dari masa perundagian, Mengapa masa perundagian sangat penting artinya, perbedaan undagi dan perundagi
Masa Perundagian | admin | 4.5