Macam Macam Gelas

By On Saturday, April 13th, 2013 Categories : Pengetahuan Umum
Gelas Kaca

Gelas Kaca

Macam Macam Gelas

Anda tentu sangat akrab dengan perkakas rumah tangga yang disebut gelas ini. Tapi tahukah Anda, bahwa ada berbagai macam gelas, bentuk, dan fungsinya. Dan macam gelas yang bervariasi itu menunjukkan kegunaannya yang bervariasi pula.

Beda bentuk gelas beda pula isi di dalamnya. Seperti Anda tentunya tidak mungkin menuangkan kopi panas dalam sebuah gelas angur karena hal itu tidak sesuai. Kopi panas tersebut akan susah untuk dinikmati.

Jadi, Anda akan lebih bisa menikmati minuman jika memahami jenis gelas yang tepat untuk minuman tersebut. Nah, untuk lebih mengenal aneka gelas dan fungsinya, simak penjelasan berikut ini.

Gelas Air atau Water Goblet

Bentuknya mempunyai tangkai atau kaki. Jika dilihat secara keseluruhan, bentuknya hampir seperti bunga sepatu. Gelas air bisa juga bentuknya biasa, tidak terlalu tebal, tapi kuat dan tidak memiliki tangkai/telinga.

Gelas Sirup

Gelas ini biasanya digunakan untuk menyajikan jus atau soft drink. Bentuk pada bagian atasnya memiliki kepala yang bulat. Bentuk badannya lurus seperti layaknya sedotan dan berwarna bening.

Gelas Anggur

Gelas Anggur ini biasa digunakan untuk menyajikan minuman anggur/wine. Terdapat dua jenis gelas anggur:

  • Gelas untuk anggur merah. Kepala gelas bulat. Bentuk gelas yang seperti mangkuk namun memiliki tangkai atau kaki yang lurus ramping.
  • Gelas untuk anggur putih. Bentuknya lebih ramping dan agak tinggi dibandingkan gelas angur merah.

Gelas Bir

Gelas ini biasa digunakan untuk minum bir. Ada dua jenis gelas bir, yaitu:

  • Mug bir. Kepala gelas berbentuk bulat, badan gelas besar dan tebal, dan memiliki telinga gelas.
  • Pilsener glass. Bentuk gelas menyerupai vas bunga (besar dan panjang), dan semakin ke bawah diameternya semakin mengecil.

Gelas Kopi

Biasanya digunakan untuk meminum kopi. Ada dua macam gelas kopi:

  • Gelas kopi (coffee cup). Gelas ini tidak bening, memiliki bertelinga, bahannya agak tebal untuk menahan panas. Biasa digunakan untuk minuman kopi panas, maupun kopi susu.
  • Espresso cup. Bentuknya lebih kecil dibandingkan dengan coffee cup.

Tips Perawatan Gelas

Setelah mengetahui berbagai macam bentuk dan fungsi gelasgelas tersebut, Anda tidak akansalah lagi dalam memakainya. Saat mencucinya Andapun harus hati-hati.

Seperti saat mencuci gelas anggur, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Wine gelas atau gelas anggur yang bagus tidak boleh dicuci dengan sabun, kecuali kalau ada bekas lipstik atau minyak di bibir gelas. Jika memang harus dicuci dengan sabun, cukup cuci bibir gelasnya saja. Karena jika tidak terbilas dengan baik, sabun yang menempel di dalam gelas akan merusak rasa wine.

Mencuci gelas wine yang baik adalah dengan air hangat yang tidak lebih dari 40 derajat. Jika air terlalu panas, gelas bisa retak/pecah. Setelah itu, keringkan dengan kain lap yang lembut.

Membersihkan Gelas yang Tergores

Gelas yang jelas, dalam berbagai warna dan desain, pembiasan cahaya menjadi beberapa warna, adalah pemandangan untuk dilihat. Ini adalah bagaimana merek kacamata baru terlihat, ketika Anda baru saja membeli mereka dari toko alat pemotong.

Namun, karena Anda menggunakannya, gelas dapat mengembangkan adanya goresan, atau tampak suram dan mendung. Goresan di kaca dapat disebabkan berbagai alas an seperti deposisi mineral, air keras, deterjen, dan mencuci yang tidak tepat.

Sebuah efek film cenderung terbentuk pada permukaan, yang menumpulkan kaca. Hal ini, membuat gelas kemudian menjadi tidak cocok terlihat, dan Anda mungkin harus mengganti gelas ini. Namun, kini Anda bisa mendapatkan kembali kilau yang hilang dari gelas, di rumah. Disebutkan di bawah ini adalah beberapa teknik untuk menghilangkan goresan dari kaca.

Bercak atau mengaburkan dari gelas, bersama dengan beberapa goresan di sana-sini, tidak bisa dihindari. Hal ini terjadi sebagai usia kaca dan juga karena sering mencuci. Goresan juga dapat mempengaruhi decanters dan vas di dalamnya. Genangan air dapat menimbulkan korosi kaca dan membuatnya tampak suram. Berikut adalah beberapa metode untuk menghilangkan goresan dari kaca, dengan bahan, mudah tersedia di setiap rumah tangga. Ada juga beberapa senyawa kimia yang

membantu memperlancar permukaan kaca dan menghapus goresan yang ada.

  • Baking soda merupakan sarana yang sangat baik untuk menghilangkan goresan dari kaca. Campur baking soda dengan sedikit pasta gigi dan mengoleskannya pada goresan, dengan jari-jari Anda.
  • Lanjutkan menggosok sampai Anda menjadikan goresan itu lantas menghilang. Namun, metode ini hanya berguna untuk gelas yang memiliki goresan cahaya.
  • Cuka merupakan agen efektif untuk membuat kaca bebas noda. Anda dapat menggunakan cuka suling putih pada kaca untuk menghapus noda. Untuk ini, membungkus kaca dalam cuka-direndam hidangan kain atau kertas handuk selama sekitar satu jam. Cuci kaca dan semprot cuka putih untuk menghindari noda lanjut. Bilas cuka off dan memungkinkan gelas benar-benar kering.
  • Anda juga dapat menggunakan remover cat kuku Anda untuk tujuan ini. Aseton, yang merupakan senyawa utama dalam remover dikenal untuk memperlancar goresan pada kaca. Celupkan kain lembut dalam aseton dan gosokkan pada permukaan sampai Anda menemukan noda menghilang.
  • Denture tablet pembersih juga berguna ketika untuk menghapus goresan dari kaca. Tuangkan air panas ke dalam gelas, yang Anda ingin bersihkan. Larutkan beberapa tablet pembersih di dalam air dan memungkinkan solusi untuk berdiri selama kurang lebih satu jam.
  • Ambil sikat sikat gigi atau botol dan gosok sisi. Setelah ini, bilas kaca dengan benar untuk menghilangkan bahan kimia sisa. Dalam kasus ini, ada lebih dari satu item, mengisi bak besar dengan air panas di mana tablet telah dilarutkan dan bisa dipakai dalam merendam gelas. Ikuti metode yang sama untuk menghilangkan goresan.

 

Ada juga produk pembersih yang tersedia di pasar, bahwa noda cat dan goresan dari gelas. Pembersih kuat seperti dan bahkan ada produk Pemoles logam digunakan untuk menyeka bintik-bintik dan kekeruhan dari permukaan sendok garpu.

Gosok produk murni di permukaan sampai menjadi jelas. Pastikan Anda bilas di bawah air mengalir untuk mencuci bahan kimia apapun, yang mungkin tetap menempel di kacanya. Lalu jemur  agar terkena udara kering dan lap dengan kain katun bersih untuk menghindari noda air.

Ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan goresan dari kaca dan membuat mereka seperti baru.

Setelah Anda selesai dengan menghapus goresan dari gelas, cucilah dengan air panas dan cairan non-deterjen berbasis. Keringkan seluruhnya dengan handuk katun, sebelum menyimpan mereka ke dalam lemari.

Pada goresan yang meretak atau bisa yang tentunya tidak mudah dihapus dengan metode biasa. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat menyamarkan goresan dengan air berwarna, kerikil atau kelereng dan menggunakan gelas sebagai bagian dekoratif. Dengan kecermatan dan metode yang sudah dipaparkan di atas, macam gelas apapun, bisa Anda jaga kilau indahnya. So selamat mencoba.

ciri gelas, klasifikasi gelas, Ciri gelas kristal, gambar teh dalam gelas, gambar teh dlm gelas, gelas ciri
Macam Macam Gelas | admin | 4.5