Cara Mengukur Suhu Matahari

By On Friday, March 15th, 2013 Categories : IPA, IPA, IPA, Pengetahuan Umum
Panasnya Matahari

Panasnya Matahari

Cara Mengukur Suhu Matahari

Pada sebuah artikel di sebuah majalah, temperatur permukaan Matahari kira-kira 5.700oC. Sedangkan di bagian dalamnya mencapai 2.000.000o C. Kemudian bagaimana cara mengukur suhu matahari?

Menurut Prof. Yohanes Surya, Phd. 

Tentu saja tidak ada termometer khusus. Lagi pula siapa yang mau mengukurnya? Namun bukan berarti kemudian temperatur Matahari tidak bisa diketahui lo. Ada beberapa cara untuk mengukur suhu di permukaan matahari.

Pertama, dengan menganalisis spektrum cahaya yang dipancarkan oleh Matahari. Setiap benda panas memancarkan cahaya yang tergantung suhunya. Benda yang memancarkan cahaya merah lebih dingin dibanding dengan benda yang memancarkan cahaya kuning. Dari warna-warna yang dipancarkan oleh matahari ini kita dapat memperkirakan suhu di permukaan Matahari.

Cara kedua, dengan menganalisis atom-atom yang ada di permukaan matahari memakai spektrograf. Dari analisis ini dapat terkuak data-data perubahan energi atom-atom yang dapat menunjukan berapa suhu di permukaan Matahari.

Yang terakhir, dengan mengukur radiasi panas Matahari di Bumi. Besarnya radiasi di Bumi ditambah dengan data jarak Matahari – Bumi, dapat memberi petunjuk pada kita berapa suhu di permukaan Matahari.
Lalu, bagaimana cara mengetahui temperatur di bagian dalam Matahari? Ternyata, dengan mengetahui suhu di permukaan Matahari, kita dapat mengukur besarnya tekanan di bagian dalam Matahari. Dari tekanan inilah suhu di dalam Matahari bisa diperkirakan.

Dari sumber Dept of Energy, USA.

Langkah pertama.

Pertama-tama nih, geosciensters, harus dipahami bahwa matahari itu bola gas. Kalau misalnya matahari ga punya gravitasi, gas-gas penyusunnya bakal menyebar ke ruang angkasa dong.. secara ga ada yang mengikat mereka jadi satu. Tapi kalau matahari hanya punya gaya gravitasi, volumenya bakal jadi lebih kecil dari sekarang. Terus kok bisa matahari kita volumenya lebih gede? Itu karena matahari menyebarkan energi ke luar juga. Jadi, ada dua gaya yang saling berlawanan:
1) gravitasi matahari, yang menarik partikel-partikel gas ke dalam
2) Penyebaran energy matahari, yang mendorong partikel-partikel gas ke luar

Langkah kedua

Kemudian, kita harus mencari massa matahari. Ini bisa dicari dengan hukum gravitasi dan hukum sentripetal antara matahari dan planet-planet yang mengorbitnya.

Langkah ketiga

Ketika kita tahu massa matahari, kita juga bisa langsung tahu besar gravitasi matahari dan dari situ kita bisa mendapatkan perhitungan berapa besar ukuran matahari. MASALAHNYA, matahari kan menyebarkan energi?! Nanti pasti ada selisih antara hasil perhitungan kita memakai hukum-hukum fisika tadi dengan hasil pengamatan langsung (i.e. melihat matahari pakai teleskop berfilter dan mengukur diameternya untuk menghitung volumenya).

Langkah keempat

Selisih yang ada akan memberitahu kita seberapa banyak energy yang dipancarkan matahari secara total. Nah, pancaran energi akan berhubungan dengan temperaturnya. Dan dibutuhkan suhu inti tertentu sehingga bisa memancarkan energi sebesar yang dihitung tadi.

Cara Mengukur suhu ruangan, gambar relief dasar laut beserta penjelasannya, iklim matahari beserta penjelasannya, iklim matahari beseta penjelasannya, kegunaan matahri untuk hewan, manfaat sinar matahari bagi hewan, perlunya sinar matahari bagu hewan
Cara Mengukur Suhu Matahari | admin | 4.5