Cara Menggunakan Binokuler

By On Friday, February 8th, 2013 Categories : Pengetahuan Umum
Binocular

Binocular

Cara Menggunakan Binokuler

Binokuler biasanya digunakan dengan diangkat dengan tangan anda / ditaruh di dudukan dan tripod. Selanjutnya anda tinggal mengarahkan binokulernya ke obyek yang ingin diamati. Tentu saja anda harus memfokus binokuler itu sehingga gambar yg terproyeksi ke mata anda akan menjadi sejelas mungkin.

 Beberapa contoh sistem fokus binokuler:

  • Sistem fokusnya individual melalui masing masing 2 okuler (eyepiece) yang bisa diputar. Tutup mata kiri ketika anda memfokus okuler kanan, dan sebaliknya.
  • Sistem fokus central (tengah) dimana ditengah binokulernya terdapat sebuah alat pemutar. Biasanya sistem ini akanmempengaruhi kedua okuler (terutama yg kiri) dan untuk okuler kanan disediakan sistem fokus tambahan dimana okulernya bisa diputar lagi. Tutup mata kanan ketika anda memutar putaran di tengah, lalu tutup mata kiri ketika anda memutar okuler kanan.
  • Sistem fokus tengah yang tidak menyediakan alat fokus kedua di salah satu okuler. (Hindari binokuler ini karena anda hanyaakan bisa memfokus salah satu mata anda, dan titik fokus mata kiri dan kanan manusia itu berbeda beda).

 Tentang kosmetik dan mekanik, perhatikan apakah bahan badan luar binokulernya kuat dan kokoh (tidak mudah rusak). Apabila bagian luarnya dilapisi karet pelindung, ini akan membantu kenyamanan genggaman anda, dan juga akan memproteksi binokulernya dari bantingan. Perhatikan juga apakah di samping okulernya (eyepiece) terdapat tabung karet tipis yg dapat membantu menutupi mata anda dari sinar2 gangguan dari luar. Cobalah sistem fokusnya, apakah putaran tengah atau okulernya lancar dan mudah diputar?

 Daya tahan binokular

Binokular berharga murah lebih cenderung untuk berubah jadi tidak selaras daripada Binokular yang berharga mahal, karena pada binokular yang berkualitas prisma dan lensa dilem dengan kuat dalam soket logam. Perubahan suhu atau bodi binokular yang tipis pada binokular berharga murah, bisa menyebabkan binokolar dengan mudah menjadi tidak selaras. Untuk itu lebih baik membeli binokular yang berharga mahal tapi tahan lama daripada membeli yang murah namun cepat rusak.
Penggunaan kacamata
Tetaplah gunakan kacamata dalam mengamati objek dengan binokular, karena dengan menggunakan kacamata akan lebih mudah untuk memfokuskan binokular. Apalagi pada mata silindris, penggunaan kacamata sangat penting untuk melihat objek dengan lebih baik.
Jarak mata dengan binokular(Eye Relief)
Pada teropong model lama binokular harus diletakkan sangat dekat pada mata, sehingga ini menjadi masalah pada orang yang menggunakan kacamata. Tapi untuk binokular yang model baru ini bisa diatasi dengan menerapkan fitur long eye relief, dimana optik mengarahkan titik fokus jauh di belakang lensa mata sehingga mata pemakainya kaca-mata dapat melihat dengan mudah. Eye Relief dari sebuah Binokular biasanya dinyatakan dengan ukuran milimeter, Untuk orang yang berkacamata sebaiknya menggunakan teropong dengan nilai Eye Relief antara 12 mm sampai 15mm.
Eyecups
Eyecups adalah bagian binokular yang dipasang pada eyepieces supaya mata tidak langsung bersentuhan dengan lensa okuler, biasanya terbuat dari karet. Untuk orang yang tidak berkacamata posisi eyecups harus dalam keadaan ditarik ke atas. Pada beberapa binokular terdapat disain yang berbeda seperti dengan melipat eyecups atau dengan sistim turn-and-lock . Pilihlah binokular yang model eyecups nya sesuai dengan kenyamanan anda.
Membersihkan binokular
Lap bagian logam sampai bersih. Bersihkan lensa menggunakan kain pembersih lensa. Buanglah partikel-partikel seperti pasir atau debu yang menempel pada lensa dengan menggunakan kuas yang halus dan lembut dalam keadaan binokuler menghadap ke bawah,supaya pertikel jatuh ke bawah. Setelah partikel dipastikan tidak ada lagi yang menempel pada lensa baru lah lensa dilap dengan lembut menggunakan kain pembersih lensa. Lipat selembar pembersih lensa menjdi empat lapisan. Hal ini untuk mencegah minyak dari jari-jari meresap kekaim dan mengenai lensa. Usap lensa dengan gerakan memutar. Jika terdapat lapisan minyak pada lensa, teteskan setetes cairan pembersih lensa pada kain pembersih dan ulangi gerakan mengelap. Carilah kotoran pada semua optik internal dengan memegang teropong ke arah cahaya dan melihat ke dalam lensa objektif. Jangan pernah mencoba membuka teropong, karena ini bisa mengakibatkan keselarasan binokular berubah. Untuk membersihkan bagian dalam dari binokular harus dilakukan oleh teknisi khusus.
Merawat binokular
Selalu gantungkan binokular di leher apabila sedang digunakan di lapangan. Jangan ayunkan binokular dengan tali saat Anda berjalan. Binokular yang terbentur pada pohon atau batu atau terjatuh, akan menyebabkkan keselarasan binokular berubah. Selalu selipkan teropong di dalam jaket atau mengamankan mereka di bawah lengan ketika harus melakukan manuver aktif seperti melompat melintasi selokan atau mendaki lereng berbatu. Jangan pernah meletakkan teropong di kursi mobil, karena jika mobil berhenti mendadak dapat menyebabkan binokuler terpental. Jangan pernah meninggalkan teropong di mobil Anda, terutama pada hari yang panas, karena cahaya matahari dapat melunakkan lapisan lensa, menyebabkan lapisan terkelupas dari lensa. Lindungi teropong dari hujan, karena air dapat masuk ke dalam tabung binokular. Jika teropong dipakai dalam cuaca berkabut tebal, setelah sampai di rumah segera letakkan binokular di tempat yang hangat dan kering, atau lebih baik lagi jika disimpan dalam wadah tertutup berpengering silika gel. Biarkan beberapa hari, binokular akan segera kering dengan sendirinya. Jika teropong jatuh ke air tawar, bawa binokular ke tenaga profesional untuk dibersihkan sesegera mungkin untuk menghindari karat. Jika binokular terjatuhkan ke dalam air garam, bilas binokuler secara menyeluruh di air tawar, dalam kantong plastik, dan segera bawa ke layanan profesional. Air garam dengan cepat dapat merusak teropong.
Kalibrasi binokular
Umumnya ada dua cara pengaturan fokus pada binokular yaitu pemfokusan utama dan pemfokusan independen. Fokus Independen adalah pengaturan di mana dua tabung teleskop yang difokuskan secara independen (terpisah) dengan menyesuaikan lensa mata masing-masing. Teropong ini dirancang untuk penggunaan medan berat, seperti aplikasi militer. Kebanyakan binokular mempunyai roda fokus di tengah (fokus utama), yang memfokuskan masing-masing tabung teropong (kiri & kanan) secara bersamaan. Eyepieces bagian kanan bisa difokoskan secara indipenden (fokus independen) dengan cara memutar kearah tanda positif dan negatif sesuai dengan kebutuhan. Ini diperlukan untuk menutupi perbedaan ukuran minus atau plus nya mata kiri dan kanan. Untuk mengkalibrasi binokular eyepeices kiri dan kanan, berdirilah pada jarak 30 m dari objek yang akan diamati, pastikan jarak itu ada dalam jangkauan teropong anda. Dekatkan binokular ke mata, sesuaikan jarak kedua eyepieces dengan jarak antar mata kiri dan kanan. Amati objek, gerakkan tabung binokular sampai kedua gambar yang terlihat berhimpit jadi satu. Jika gambar masih tidak menyatu mungkin ada masalah pada teropong, mungkin teropongnya tidak selaras.
Tutup objektif binokular kanan dengan penutup lensa, amati objek, fokuskan dengan memutar roda tengah (fokus utama) sampai objek terlihat dengan jelas. Tutup lensa sebelah kiri dan buka tutup lensa sebelah kanan, amati objek, kalau belum fokus, putar eyepieces(fokus independen) sebelah kanan sampai objek fokus sempurna. Setelah itu lepaskan kedua penutup lensa, Proses kalibrasi selesai.
Binokular yang sudah selasai dikalibrasi sudah dapat digunakan. Sekarang untuk memfokuskan binokular cukup hanya memutar roda bagian tengah, jangan memutar eyepieces sebelah kanan, karena akan mengubah kalibrasi. Kalibrasi dilakukan untuk setiap pengguna yang berbeda.

Ringkasan

Dari artikel ini, saya harap anda mendapat bbrp. pengetahuan tambahan tentang binokuler, faktor2 yang mempengaruhi pemilihan binokuler, hingga ke cara pemakaiannya. Anda harus memilih binokulernya sesuai dgn kriteria dan kebutuhan anda, dan juga berdasarkan target pemakaian binokuler tsb bagi anda. Yang saya maksud dengan kriteria dan target pemakaian :

  • Budget/dana anda
  • Berat binokuler (kekuatan lengan anda)
  • Fungsi utama binokuler (magnifikasi kecil, alat melihat medan pandang luas / magnifikasi besar, alat melihat medan pandang yg kecil ?).
  • Faktor portabilitas (mudah dibawa/tidak? dipengaruhi oleh ukuran binokuler)
Cara Menggunakan Binokuler | admin | 4.5