Cara Membuat Teropong Bumi

By On Wednesday, February 20th, 2013 Categories : IPA, Kelas 9

 

Teropong

Teropong

Cara Membuat Teropong Bumi

Teropong merupakan alat pengamatan yang berfungsi mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dari benda yang diamati. Teropong adalah alat paling penting dalam pengamatan astronomi. Namun kali ini kita akan membuat teropong yang sederhana yaitu teropong bumi.

Teropong bumi digunakan untuk melihat benda yang jaraknya jauh untuk diamati dan masih berada di permukaan bumi. Bayangan benda yang akan kita peroleh ketika melihat dengan tropong bersifat maya, diperbesar, dan tegak. Bayangkan jika tidak ada teropong hingga sekarang pasti tidak bisa melihat orang dari kejauhan.

Untuk bisa membuat sebuah teleskop/teropong bumi, bisa dikatakan gampang–gampang susah karena tidak mudah bagi kita untuk mendapatkan lensa dengan kualitas yang baik dan bagus, serta fokus yang panjang. Tapi semua itu bukanlah masalah yang dapat membuat kita mundur dan berhenti mencoba. Tetap Semangat!!!
Untuk membuatnya kita bisa menggunakan lensa LUP (kaca pembesar) untuk membuat teleskop sederhana buatan sendiri. Tetapi alangkah baiknya lensa yang akan digunakan memiliki panjang fokus maksimal 30cm. Di Indonesia, lensa dengan panjang fokus > 30 cm masih sangat sulit untuk didapatkan.

Untuk lebih jelasnya berikut daftar nama bahan – bahan dan peralatan yang dibutuhkan :

  1. Lensa objektif LUP (kaca pembesar) atau bisa juga lensa cembung untuk praktikum fisika (biasa dijual di toko alat laboratorium).
  2. Pipa PVC dan perlup (sambungan pipa)
  3. Perkakas
  4. Lensa okuler (bisa menggunakan lensa binokuler atau lensa mikroskop). Bisa juga dengan membeli lensa di toko alat laboratorium dengan diameter 2,5 cm.

Langkah Pembuatan :

  1. Tentukan panjang badan teleskop dahulu. Dengan rumus fisika yang sudah kita ketahui yaitu : fob + fok = L. Jika Anda belum mengetahuinya, Anda bisa membuka buku pelajaran Fisika kelas IX SMP.
  2. Potong pipa PVC dengan panjang yang sudah diketahui
  3. Letakkan lensa objektif ke dalam sambungan pipa, lalu sambungkan sambungan pipa yang sudah berisi lensa tadi di ujung paling depan pipa PVC yang sudah diukur. Ingat lensa objektif selalu terletak didepan lensa okuler. Lensa okuler adalah lensa di tempat kita akan melihat nanti.
  4. Pasangkan perlup di ujung paling belakang pipa.
  5. Letakkan lensa okuler di perlupnya.

Nah…..gampang kan membuatnya? Dari semua bahan diatas, yang lumayan sulit dicari adalah lensa okuler. Tetapi kita dapat mengambilnya dari lensa binokuler (sejenis teropong), atau lensa mikroskop (asal jangan nyolong punya sekolah aja hehehehehe….).
Untuk lensa okuler bisa juga didapatkan di toko alat laboratorium dengan ukuran diameter 2,5 cm. Kisaran total untuk harga lensa objektif dan okuler jika dibeli di toko alat laboratorium bisa mencapai ± Rp. 75.000,-  s.d. Rp. 100.000,-.

Selamat Mencoba

cara membersihkan kaca teropong, cara bikin teropong, cara bikin teropong bintang, cara membersihkan kaca lensa teropong, Cara membersihkan kaca teropong bushnell, pengukur level tabung penyulinhan, urutan lens a teropong bumi
Cara Membuat Teropong Bumi | admin | 4.5