Pengertian dan Fungsi Pajak

By On Sunday, May 19th, 2013 Categories : IPS, Kelas 8, SMP
Pajak

Pajak

Pengertian dan Fungsi Pajak

Pajak sebenarnya bukan hal yang asing bagi kia karena sebenarnya sejak dahulu masyarakat kita sudah mengenal pajak dalambentuk upeti yang diserahkan rakyat untuk rajanya. Meskipun banyak orang tidak senang, namun membayar pajak bersifat WAJIB. Bersifat wajib karena kalau orang yang tidak membayar pajak sesuai ketentuan akan dikenai sanksi. Pembayar pajak tidak mendapatkan balas jasa secara langsung. Namun hal ini tidak berarti bahwa pembayar pajak tidak mendapat balas jasa apa-apa karena hasil pembayaran pajak akan digunakan untuk membiayai pengadaan barang dan jasa public seperti membangun jalan, jembatan, rumah sakit, dan membiayai pelayanan-pelayanan pemerintahan yang bisa dinikmati pembayar pajak setiap saat. Daribeberapaunsurtentang pajak kita dapat membuat batasan untuk pajak. Pajak adalah pembayaran wajib kepada pemerintah yang tidak mendapat balas jasa secara langsung. Berdasarkan pengertian pajak tersebut, kita dapat menunjuk beberapa ciri pajak yaitu antara lain : merupakan iuran rakyat kepada negara, digunakan untuk membiayai pengerluaran negara, dipungut berdasarkan perundang-undangan, tidak ada imbalan secara langsung, pembayaran bersifat wajib sehingga pembayarannya dapat dipaksakan, dan dapat dilakukan secara bertahap maupun sekaligus.

 

Fungsi Pajak

Pemerintah memiliki beberapa sumber penerimaan, diantaranya mungkin sudah disebutkan dalam diskusi yang telah kamu lakukan. Berbagai sumber penerimnaan pemerintah saat ini adalah : pajak, laba badan usaha milik negara (BUMN), dan penerimaan dari sumber daya alam misalnya minyak dan gas bumi. Saat ini penerimaan utamanya berasal dari pajak. Jadi dalam hal ini pajak berfungsi sebagai sumber penerimaan negara. Dari hasil diskusi pertanyaan nomor 3, mungkin di atara kawan-kawanmu ada yang menjawab bahwa jika suatu barang dikenai pajak akan menyebabkan harga menjadi naik. Jawaban ini adalah jawaban yang tepat. Jadi pemerintah dapat mempengaruhi harga melalui pajak. Misalnya, jika pemerintah memandang bahwa mengkonsumsi rokok berbahaya maka pemerintah dapat mengurangi konsumsi rokok masyarakat dengan menaikkan harga dengan menerapkan pajak. Di sisi lain pemerintah dapat mendorong suatu kegiatan dengan membebaskan pajak, misalnya dalam rangka mendorong eskspor, barang-barang yang diekspor tidak dikenai pajak. Dari beberapa contoh di atas, pajak dapat menjadi alat pengatur kegiatan ekonomi. Orang akan membayar pajak penghasilan menurut besar kecilnya penghasilan. Orang yang berpenghasilan tinggi akan membayar pajak lebih besar daripada yang berpenghasilan rendah. Bahkan orang yang berpenghasilan rendah akan mendapat subsisdi, misalnya subsidi pembelian beras untuk masyarakat miskin yang disebut dengan program raskin. Dalam hal ini pajak berfungsi sebagai alat untuk membantu mengurangi ketimpangan pendapatan.

apakah makna dari batasan pajak yang menyatakan bahwa pembayar pajak tidak mendapatkan balas jasa secara langsung, Apakah makna dari batasan pajak yang menyatakan bahwa pembayaran pajak tidak mendapatkan balas jasa secara langsung, apakah makna dari batasan pajak yang menyatakan bahwa pembayar pajak tidak mendapatkan balas jasa secara langsung?, Apakah makna dari batasan pajak yang menyatakan bahwapembayaran pajak tidak mendapatkan balas jasa secara langsung?, contoh keliping pajak
Pengertian dan Fungsi Pajak | admin | 4.5