Jenis Jenis Batuan

By On Tuesday, February 19th, 2013 Categories : IPS, Kelas 7, SMP
Macam - Macam Batu

Macam – Macam Batu

Jenis Jenis Batuan

Ada tiga jenis batuan yang ada di bumi kita, yaitu batuan beku, batuan sedimen dan batuan metamorf.

1. Batuan beku

Batuan beku terbentuk dari magma yang membeku. Menurut lokasi pembekuannya, batu beku dibedakan batuan beku luar, batuan beku sela dan batuan beku dalam.

2. Batuan sedimen

Batuan beku yang ada di permukaan kulit bumi dan kena pengaruh tenaga eksogen akan mengalami pelapukan. Bagianbagian yang hancur atau lepas dari batuan induknya diangkut oleh aliran air, angin, dan gletser, kemudian diendapkan di tempat lain, yang umumnya di tempat yang lebih rendah. Material yang diendapkan tersebut bila mengalami pemadatan (kompaksi) dan perekatan (sementasi) berubah menjadi batuan sedimen.

Ciri utama batuan sedimen adalah berlapis – lapis. Berdasarkan tenaga pengangkutnya batuan sedimen dibedakan menjadi tiga:

  1. Batuan sedimen aeolis atau aeris, yaitu batuan sedimen yang terbentuk oleh tenaga angin.
  2. Batuan sedimen aquatis, yaitu batuan sedimen yang terbentuk oleh tenaga air.
  3. Batuan sedimen glasial, yaitu batuan sedimen yang terbentuk oleh gletser. Ada dua jenis batuan sedimen istimewa, yaitu breksi dan konglomerat. Breksi adalah batuan sedimen yang tersusun dari fragmen – fragmen batuan yang bersudut runcing. Konglomerat adalah batuan sedimen yang tesusun dari fragmen – fragmen batuan yang bersudut tumpul. Di dalam batuan sedimen seringkali terdapat sisa – sisa binatang atau tumbuhan yang telah membatu, yang disebut fosil,

3. Batuan Metamorf

Batuan beku ataupun batuan sedimen yang mendapat tekanan yang besar, dan suhu yang tinggi serta dalam waktu yang lama dapat berubah bentuk sehingga menjadi batuan metamorf. Contoh: batu kapur karena pengaruh tekanan yang besar, suhu yang tinggi dan waktu yang lama berubah menjadi batu marmer.

Jenis Jenis Batuan | admin | 4.5